Sebelum Anda dapat melakukan transaksi di Digiflazz, Anda perlu mengatur koneksi yang akan digunakan untuk menghubungkan Anda dengan Digiflazz. Untuk terhubung menggunakan koneksi Jabber, Flash Machine, IRS, dan Otomax, silakan lanjutkan panduan di bawah.

*Lihat juga Panduan Seller untuk Pengaturan Koneksi API


1. Pilih Koneksi Jabber, Flash Machine, IRS, atau Otomax

Masuk ke menu Atur Koneksi, lalu pilih koneksi yang ingin Anda gunakan, klik Atur. Contoh pada gambar mengikuti pengaturan koneksi Jabber. Pengaturan koneksi untuk Flash Machine, IRS, atau Otomax dapat menggunakan gambar sebagai referensi.


2. Kelola Format Jawaban

Hal pertama yang perlu diatur adalah format jawaban dengan klik tombol Kelola Format Jawaban.

Pada halaman Kelola Format Jawaban, masukkan format jawaban untuk menentukan status sebuah Transaksi secara otomatis (SUKSES, GAGAL, PENDING) berdasarkan response balasan dari Anda sebagai Seller.

Catatan:

  • Apabila terdapat tiga format jawaban SUKSES, Anda perlu memasukkan ketiga format tersebut. Hal yang sama juga berlaku apabila terdapat tiga format jawaban untuk GAGAL maupun PENDING.
  • Untuk Tambah Format Jawaban, pastikan Anda mengisi Tujuan dan Kode Produk.
  • Untuk Tambah Format Jawaban, khusus status SUKSES, pastikan Anda juga mengisi SN.
  • Tips: Anda dapat menggunakan Awalan 'huruf:1' dan Akhiran 'huruf:1' untuk field yang tidak terdapat pada pesan respon Anda.

Baca penjelasan lebih lanjut tentang format jawab dan bagaimana cara mengisi format jawaban.


3. Sesuaikan Pesan

Hal kedua yang perlu diatur adalah penyesuaian pesan atau mapping response untuk transaksi yang GAGAL dengan klik tombol Sesuaikan Pesan.

Setiap transaksi GAGAL memiliki pesan respon yang berbeda-beda dari setiap Seller, untuk itu Digiflazz melakukan generalisasi pesan respon untuk dilanjutkan kepada Buyer. Lengkapi setiap Jenis Respon untuk setiap pesan respon yang Anda berikan, simpan perubahan dengan klik Save.

Contoh:

    Respon Seller: 'tel10rb 08123456789 GAGAL nomor tidak tepat'
    Jenis Respon : 'Nomor Tujuan Salah'
    Pesan Respon : 'nomor tidak tepat'


4. Tambah Jabber, Flash Machine, IRS, atau Otomax

Selanjutnya Anda perlu menambahkan Koneksi Jabber, Flash Machine, IRS, atau Otomax dengan klik tombol Tambah. Koneksi ini nantinya akan di hit oleh Digiflazz ketika Buyer melakukan transaksi.

Lengkapi form dan klik Tambah. Pastikan Anda sudah melakukan Kelola Format Jawaban seperti yang dijelaskan pada poin Nomor 2.

Selamat, Anda sampai tahap ini Anda sudah berhasil mengatur koneksi Flash Machine, IRS, atau Otomax!

Khusus untuk Jabber, Anda perlu melakukan satu tahap terakhir, Verifikasi, serta satu tahap opsional, Kelola Format Transaksi.


5. Verifikasi Koneksi (Khusus Jabber)

Setelah koneksi telah ditambahkan, lakukan verifikasi koneksi dengan klik Verifikasi.

Baca penjelasan lebih lanjut untuk verifikasi koneksi Jabber.


6. Kelola Format Transaksi (Khusus Jabber, Opsional)

Khusus untuk koneksi Jabber, Anda dapat mengatur format transaksi dengan klik Kelola Format Transaksi Anda. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk mengelola format transaksi yang ingin Anda terima Digiflazz.



Secara default format yang digunakan adalah seperti:

    Format: [kode].[counter].[tujuan].[pin]
    Contoh: DFT10R.2.08123456789.5312

Namun fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola format sesuai dengan Anda ingin terima.

Catatan: Apabila sistem Anda support multi transaction, hubungi tim Digiflazz agar fitur multi untuk akun Seller Anda dapat diaktifkan. Pastikan Response yang Anda berikan ke sistem Digiflazz sesuai Format Transaksi Request.

Selamat, Anda sudah berhasil mengatur koneksi Jabber!